Wednesday, February 8, 2017

Doa Sebelum dan sesudah wudhu lengkap

Tags

Alhamdulillah. pada kali ini saya akan menulis postingan tentang do'a-do'a sebelum dan sesudah wudhu, 



Doa Hendak Usap Muka saat Wudhu

Wajah salah satu anggota tubuh terhormat. Membasuhnya merupakan satu dari sekian rukun wudhu. Doa berikut ini diharapkan dapat mengantarkan pembacanya pada tempat yang mulia di dunia dan kelak di akhirat.
أَللَّهُمَّ غَشِّنِيْ بِرَحْمَتِكَ وَأَنْزِلْ عَلَيَّ مِنْ بَرَكَاتِكَ وَأَظِلَّنِيْ تَحْتَ ظِلِّ عَرْشِكَ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّكَ
Allâhumma ghasysyinî bi rahmatika wa ’anzil ‘alayya min barakâtika wa ’azhillanî tahta zhilli ‘arsyika yauma lâ zhilla ’illâ zhilluka
Artinya, “Wahai Tuhanku, tutupi aku dengan rahmat-Mu. Turunkan untukku berkat-Mu. Teduhkan aku di bawah naungan ‘arasy-Mu pada hari tiada teduhan selain teduh ‘arasy-Mu,”

Doa Hendak Basuh Tangan Kiri saat Wudhu

Allah SWT menyebutkan bahwa orang yang menerima kitab catatan amalnya di akhirat dengan tangan kiri, akan celaka. Penerimaan buku catatan kitab dengan tangan kiri merupakan penanda awal bahwa catatan kitabnya berisi amal-amal jahat. Doa ini diharapkan dapat memperbaiki amal kita di dunia.
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ تُعْطِيَنِيْ كِتَابِيْ بِشِمَالِيْ أَوْ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِيْ
Allâhumma innî a‘ûdzubika ’an thu‘tiyanî kitâbî bi syimâlî ’aw min warâ’i zhahrî
Artinya, “Hai Tuhanku, Aku berlindung kepada-Mu dari pemberian kitab amalku kelak di tangan kiriku, atau dari balik punggungku,”

Doa Embus Air dari Hidung saat Wudhu

Air yang dihirup ke dalam hidung saat berwudhu, dihembuskan kembali. Doa ini dibaca sesaat sebelum pengembusan air dari hidung. Doa ini dibaca dengan harapan air membawa kotoran, setan, dan penyakit yang bersarang di dalam hidung.
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ رَوَائِحِ النَّارِ وَمِنْ سُوْءِ الدَّارِ
Allâhumma innî a‘ûdzubika min rawâ’ihin nâri wa min sû’id dâri
Artinya, “Hai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bau api neraka dan dari kejahatan neraka itu sendiri,”

Doa Basuh Tangan Kanan saat Wudhu

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang masuk rukun wudhu. Doa saat membasuh tangan kanan ini diharapkan dapat memberikan keberkahan di dunia, lebih-lebih di akhirat.
اَللَّهُمَّ أَعْطِنِيْ كِتَابِيْ بِيَمِيْنِيْ وَحَاسِبْنِيْ حِسَابًا يَسِيْرًا
Allâhumma a‘thinî kitâbî bi yamînî wa hâsibnî hisâbay yasîra
Artinya, “Hai Tuhanku, berikanlah aku kitabku dengan tangan kananku dan hisablah aku dengan hisab yang mudah,”

Doa Hendak Basuh Wajah saat Wudhu

Basuh wajah merupakan salah satu rukun dalam berwudhu. Doa berikut ini diharapkan dapat mengantarkan pembacanya menuju kehormatan di dunia dan akhirat kelak.
اَللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِيْ بِنُوْرِكَ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهَ أَوْلِيَائِكَ وَلَا تُسَوِّدْ وَجْهِيْ بِظُلُمَاتِكَ يَوْمَ تَسْوَدُّ وُجُوْهَ أَعْدَائِكَ
Allâhumma bayyidh wajhî bi nûrika yauma tabyadhdhu wujûha auliyâ’ika. Wa lâ tusawwid wajhî bi zhulumâtika yauma taswaddu wujûha a‘dâ’ika.
Artinya, “Wahai Tuhanku, putihkan wajahku dengan cahaya-Mu pada hari Kauputihkan wajah para wali-Mu. Jangan Kauhitamkan wajahku dengan kegelapan pada hari Kauhitamkan wajah para musuh-Mu,”

Doa Sebelum Hirup Air ke Dalam Hidung saat Wudhu

Aroma yang sedap maupun busuk segera diketahui berkat indra penciuman. Nikmat salah satu dari lima indra ini patut disyukuri. Doa berikut ini merupakan harapan agar kita kelak dapat merasakan kenikmatan aroma surga.

اَللَّهُمَّ أَوْجِدْ لِيْ رَائِحَةَ الجَنَّةِ فِي الجَنَّةِ وَأَنْتَ عَنِّيْ رَاضٍ

Allâhumma awjid lî râ’ihatal jannati fil jannati wa anta ‘annî râdhin

Artinya, “Hai Tuhanku, jadikan lah bagiku bau-bauan surga di surga. Sementara Engkau meridhaiku,” (Lihat Sayyid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Doa Basuh Kaki Kiri saat Wudhu

Kaki kiri adalah anggota tubuh terakhir yang dibasuh saat berwudhu. Meratakan air ke seluruh bagiannya minimal dari ujung kuku hingga atas mata kaki merupakan sebuah keharusan. Doa berikut ini dianjurkan dibaca saat membasuh kaki kiri saat berwudhu.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ تَزِلَّ قَدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ أَقْدَامُ المُنَافِقِيْنَ فِي النَّارِ

Allâhumma innî a‘ûdzubika an tazilla qadamayya ‘alas shirâti yauma tazillu aqdâmul munâfiqîna fin nâri.
Artinya, “Wahai Tuhanku, aku berlindung kepadamu dari jatuhnya dua kakiku di atas shirath pada hari berjatuhan kaki semua orang-orang munafiq di dalam neraka,”

Doa Basuh Kaki Kanan saat Wudhu

Basuh kaki merupakan salah satu rukun wudhu. Kita dianjurkan untuk mendahulukan basuh kaki kanan terlebih dahulu. Berikut ini doa yang dianjurkan untuk dibaca saat membasuh kaki kanan.
Berikut ini adalah doa saat kita membasuh kaki:

اَللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ الْأَقْدَامُ فِيْ النَّارِ

Allâhumma tsabbit qadamayya ‘alas shirâti yauma tazillul aqdâmu fin nâri
Artinya, “Hai Tuhanku, tetapkan kedua kakiku di atas shirat pada hari banyak kaki manusia terpeleset di api neraka,”

Doa Sapu Dua Telinga saat Wudhu

Menyapu dua telinga termasuk dalam sunah wudhu. Meratakan air di semua bagian luar telinga sangat dianjurkan dalam berwudhu. Berikut ini doa yang perlu dibaca saat menyapu dua telinga.
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ القَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ اَللَّهُمَّ أَسْمِعْنِيْ مُنَادِيَ الجَنَّةِ فِيْ الْجَنَّةِ مَعَ الْأَبْرَارِ
Allahummaj‘alnî minalladzîna yastami‘ûnal qaula fayattabi‘ûna ’ahsanah. Allahumma ’asmi‘nî munâdiyal jannati fil jannati ma‘al abrâr.

Artinya, “Hai Tuhanku, jadikanlah aku termasuk orang yang mendengar perkataan, lalu mengikuti yang lebih baik. Hai Tuhanku, perdengarkanlah aku bunyi-bunyian surga di dalam surga bersama orang-orang yang membuat bakti,”



Doa sesudah wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj'alnî minat tawwâbîna waj'alnii minal mutathahhirîna.

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih)." (Dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi)




Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh.

Peraturan dalam berkomentar !
--------------------------------------------
1. Berkomentarlah yang relevan sesuai topik yang dibahas diatas.
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan.
3. Tidak Meninggalkan Link aktif.
4. Tidak berkomentar mengandung SPAM
EmoticonEmoticon

loading...